PENGARUH ORANG TUA YANG SHALIH TERHADAP ANAK

Share on :
Keshalihan orangtua merupakan teladan yang baik bagi anak, mempunyai pengeruh yang besar terhadap kejiwaan anak. Apabila kedua orangtua mempunyai kedisiplinan untuk bertaqwa kepada Allah dan mengikuti jalan Allah, dan juga terus bekerjasama antara kedua orangtua untuk menulaikan hal tersebut, maka anak akan ikut tumbuh pula dalam ketaatan dan kepatuhan kepada Allah SWT karena mencontoh kedua orang tuanya. Inilah yang ditegaskan oleh ayat yang mulia, "Sebagian keturunan menyerupai keturunannya" (Al-Imran : 34)

Keshalihan orangtua bisa memberikan keuntungan bagi anak keturunannya. Perhatikan kisah Sayyidina Khidir (Teman Nabi Musa AS). ia membangun sebuah tembok atau benteng secara sukarela, tanpa mengambil upah dari pekerjaannya. Ketika Nabi Musa menanyakan kepadanya tentang alasannya, Khidir menjawab. "Karena kedua orangtuanya shalih" (Al- Khahfi :82), Bahkan malaikatpun mendoakan anak-anak mereka,

Yaa Rabb kami, masukkanlah mereka kedalam surga Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka dan orang-orang yang shalih si antara bapak-bapak mereka, dan istri-istri mereka serta keturunan mereka semua. Sesunguhnya Engkau Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (Al-Mukmin:8)

Jika anak anak cucu bisa tumbuh dalam nuansa ketetaatan kepada Allah SWT dan menyeru kepada agama-Nya, maka akan terjadi pertemuan diantara mereka kelak di syurga yang kekal.

Dan orang orang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka, dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka. Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya. (Ath. Thur : 21)

At-Tasari juga membiasakan diri untuk mendo'akan anaknya yang sebenarnya masih berada di tulang sulbnya dengan cara memperbanyak amal shalih kepadanya. At.Tatsari mengatakan, "Aku telah melakukan perjanjian dengan Allah ketika anakku masih berupa benih (Dalam kandungan), bahwa aku akan memelihara anak-anakku sejak saat ini hingga Allah nanti mengeluarkannya kedunia nyata" (Hasyiyah Ibni Abidin, 1/53)

Inilah bukti keseriusan contoh orang yang shalih dalam mendidik anak anak mereka. Semoga Allah SWT mengkaruniakan kepada kita anak keturunan yang shalih.
Sesungguhnya Allah Maha mendengan dan Maha Pengabul.  
Aamiin..
 

POS TERBARU

loading...